Senin, 10 Januari 2011

TARGET SADA TOUR BALI 2010 TERCAPAI

Oleh Magister Pendidikan : "TAHRIR HADI PITONO SUGIYO"

          Enam tahun silam SMA Negeri 1 Widodaren yang dikomandani oleh almarhum Drs. Satrio Usmanto kali terakhirnya menginjak bumi Bali yang tepatnya pada bulan Desember 2004 yang sebelumnya juga pernah menginjakkan kakinya ke pulau Dewata tersebut sebanyak 4 kali. Bali merupakan tempat liburan yang paling menarik. Selain didukung oleh banyaknya sarana akomodasi, Bali juga kaya akan tempat-tempat wisata yang banyak dikunjungi. Mulai dari obyek wisata alam, wisata seni dan budaya, sampai dengan atraksi wisata semua ada di Bali kata kanjeng Sugiyo (guru SMA Camberanya-Ngawi).
          Untuk dapat menikmati semua keindahan yang ditawarkan oleh pulau Bali, diperlukan suatu aktivitas wisata jalan-jalan atau yang lebih lazim disebut kegiatan tour. Bertolak dari masalah inilah kami memilah kemudian merangkum obyek-obyek wisata tersebut menjadi beberapa pilihan tour atau wisata jalan-jalan di Bali, antara lain :
GWK dan Uluwatu Tour, Tanah Lot Sunset Tour, Denpasar Capital City Tour, Ubud Shopping Tour, Barong dan Kintamani Tour, Bedugul dan Tanah Lot Tour, Besakih Mother Temple Tour, The Green Belt Singaraja Tour, serta Kintamani Hot Spring Tour. Lainnya pending dulu,…
Namun sebenarnya masih banyak obyek-obyek lain di Bali yang masih bisa diekplorasi dalam kegiatan tour, dan kami hanya merangkum obyek wisata yang banyak diminati dan dapat dikombinasi dengan obyek lain dalam satu destinasi tour. Secara umum, semua pilihan tour kami tersebut dikategorikan menjadi 2 jenis yang disesuaikan dengan waktu yang dihabiskan selama mengikuti kegiatan tour lima hari berangkat kembali, yaitu kategori 2 Half Day Tour (tour dengan durasi maksimal 6 jam, hari pertama dan 6 jam hari ketiga) serta Full Day Tour (tour dengan durasi maksimal 10 jam pada hari kedua).
          Perlu kami informasikan bahwa tour program SADA sebenarnya dilaksanakan setahun sekali oleh kelas XI di semester genap. Anda jangan khawatir dengan kami-kami pengelola tour SADA. Tengok sekolah lain, tour SADA sangat-sangat bersahabat praktis ekonomis dan terjamin segalanya. (promosi niyeee…) Lebih jelas mengenai pilihan tour atau wisata jalan-jalan kami, dapat dilihat di bawah ini :
EH….!!!!
MUMPUNG ADA KESEMPATAN, SEUMUR-UMUR SATU KALI LHOOO,….BENERRR.
AKU NGGAK NGECAP, TANYA-AMA MEREKA YANG JALAN-JALAN BERSAMA KAMI…. KLAS XI GA’ KE BALI, UEMAN…
PHUWASSS…. DENGAN BALI.
GWK & Uluwatu Tour
Obyek yang dikunjungi adalah Pantai Tanjung Benoa, pantai dengan hamparan pasir putih yang indah di belahan Bali selatan. Pantai ini berair tenang dan bersih serta sangat cocok sebagai tempat rekreasi untuk keluarga. Terdapat berbagai macam olahraga air yang ditawarkan oleh penduduk lokal seperti jet ski, banana boat, diving, parasailing…… ASYIIK DEEH
Tanah Lot (Tanah Lot Temple)
Perjalanan diawali dengan mengunjungi Pura Taman Ayun , Pura peninggalan masa kejayaan Raja Mengwi. Pura ini dibangun dengan konsep Tri Mandala (3 halaman) dan dikelilingi dengan kolam indah yang menggambarkan sebuah kerajaan dengan perlindungan bentengnya. Di halaman utama terdapat beberapa Meru………….
Tanah Lot letak persisnya di Kabupaten/Kota Tabanan. Pura ini didirikan pada abad ke XV Masehi oleh Pedanda Bawu Rawuh atau Danghyang Nirartha yang berasal dari Kerajaan Majapahit. Pura Tanah Lot terletak di laut atau terpisah dari daratan dan di sekitar pura ini terdapat pula beberapa pura kecil dan besar antara lain Pura Pekendungan. Di bawah dan di sebelah barat terdapat sumber air tawar yang merupakan air suci bagi Umat Hindu.
Pura Tanah Lot terletak di Desa Beraban Kecamatan Kediri ±13 km dari kota Tabanan, lengkap dengan tempat parkir yang memadai. Bila air laut surut para pengunjung dapat langsung sampai ke pelataran pura untuk bersembahyang. Di bawah pura terdapat beberapa gua yang didalamnya hidup beberapa ekor ular besar dan kecil berwarna hitam putih. Ular-ular ini sangat jinak dan tidak boleh diganggu. Jika air laut pasang, maka pura ini akan kelihatan seperti sebuah perahu terapung di atas air. Di Tanah Lot kita dapat menyaksikan timbulnya bulan purnama di malam hari dan tenggelamnya matahari di kaki labgit, merupakan suatu pemandangan yang sangat indah.
Denpasar The Capital City Tour
Tour ini menyajikan gambaran tentang kehidupan sehari-hari masyarakat kota serta obyek-obyek menarik di kota Denpasar. Tempat pertama yang akan dikunjungi adalah pasar tradisional Kumbasari/Badung. Pasar ini adalah pasar tradisional yang dipisahkan oleh Tukad Badung (sungai Badung) di jantung kota Denpasar.
Ubud Art Village Tour
Ubud klo mau tahu pusat seni di Bali dan tempat dimana bisa menemukan kehidupan orang Bali sesungguhnya? Ubud adalah jawabannya. Ubud, yang terletak di kabupaten Gianyar, sejak dulu dikenal sebagai kampung seni too…!! Dan perjalanan ini tidak hanya mengunjungi tempat penjualan melainkan juga ke tempat dimana barang tersebut diproduksi. Obyek pertama yang akan dikunjungi adalah Tohpati, sebuah desa yang sangat akrab dengan sebutan gudangnya kerajinan batik-batik Bali…
Barong & Kintamani Tour
Menonton pertunjukan tari Barong, pragmen tari yang diangkat dari ephos Mahabrata dan menceritakan tentang 2 sisi kehidupan (baik dan buruk) yang akan selalu ada dan berimbang. Singgah di Galuh sebagai pusat batik dan souvernir Bali, dilanjutkan dengan Celuk sebagai pusat kerajinan perak. Mengunjungi obyek wisata Goa Gajah peninggalan agama Hindu………
Kintamani, yang terletak di kabupaten Bangli, menawarkan pemandangan danau yang indah sambil menikmati hidangan makan siang. Nikmati keindahan gunung dan danau Batur yang mengeluarkan asap yang memperindah suasana. Jangan lewatkan untuk mengunjungi obyek wisata Toya Bungkah dan juga Trunyan yang terkenal dengan system pemakaman yang unik…selanjutnya pulang ke…
Bedugul & Tanah Lot (Kabupaten/Kota : Tabanan)
Bedugul merupakan suatu kawasan pariwisata yang terletak pada ketinggian lebih dari 1240 m dari permukaan laut. Daerah ini sangat sejuk dengan temperatur rata-rata 18o C pada malam hari, dan 24o C pada siang hari. Tour dimulai dengan mengunjungi Pura Taman Ayun, pura peninggalan masa kejayaan Raja Mengwi. Pura ini dibangun  dengan konsep Tri Mandala (3 halaman) dan dikelilingi dengan kolam indah yang menggambarkan sebuah kerajaan dengan perlindungan bentengnya. Di halaman utama terdapat beberapa Meru (tempat pemujaan yang atapnya bertingkat). Kawasan wisata Bedugul menawarkan beberapa obyek wisata yang bisa dikunjungi diantaranya Kebun Raya Bedugul yang menawarkan wisata alam Treetop. Keterangan lebih lanjut harus ke Bali sendiri.
Jalan Celuk Karangasem – Singaraja
Dalam perjalanan dari kabuaten Karangasem menuju Buleleng melalui Jalan Celuk, kita dapat menyaksikan keindahan alam berupa pemandangan bebatuan hasil letusan gunung tertinggi di Bali, gunung Agung, Tulamben, Desa Les, Air Sanih dan nikmati pemandangan indah sepanjang perjalanan… teruse,
Besakih The Mother Temple Tour
Obyek pertama yang dikunjungi dalam full day tour ini adalah Kertha Gosa, balai peradilan peninggalan kerajaan Klungkung. Salah satu plafon dari bangunannya dihiasi dengan lukisan tradisional Kamasan yang menceritakan tentang berbagai jenis hukuman di dunia akhirat yang harus diterima oleh roh-roh yang semasa hidupnya berbuat dosa…………. (Jarene Ghaett).
The Green Belt Lovina Tour
Tour ini adalah perjalanan mengunjungi obyek-obyek wisata di belahan Bali bagian utara. Dimulai dari Candi Kuning, pasar tradisional yang menyediakan berbagai hasil pertanian pegunungan seperti buah-buahan, sayur-mayur, aneka bumbu dapur dan lain sebagainya. Dilanjutkan dengan Gitgit, air terjun terbesar dan terindah yang ada…………. (tai aku gak liat)
Ubud & Hot Spring Tour
Tour dimulai dengan mengunjungi rumah tradisional Bali di Desa Batuan. Di tempat ini diperlihatkan arsitektur rumah Bali yang menjadi 5 bangunan antara lain, Balai Daja, Balai Dangin, Balai Dauh, Pawon, dan Sanggah/Pemerajan. Juga diperlihatkan aktivitas keseharian orang Bali seperti beternak, membuat sesajen dan lain sebagainya…………. (ritual di Bali mahal)
Pasar Seni Sukowati (aku nek ngarani pasar tawar)
Dari dulu hingga sekarang, pasar seni Sukawati telah menjadi ilihan/favorit tempat belanja bagi wisatawan yang sedang liburan di pulau Bali, cah SADApun tak ketinggalan meski demikian uang tlah ludess, murah-murah lho kendati bisa nawar.
Uluwatu
Cerita memang loncat-loncat, Uluwatu yang terletak di ujung selatan pulau Bali menampilkan keindahan Pura Uluwatu yang berdiri kokoh di ujung tebing menghadap ke samudra Hindia, di situ Pak Pit sempat ngobrol-ngobrol dengan sesame makhluk. Gambar ada di mading...
Lingkungan Pura Luhur Uluwatu tersebut diperkirakan berdiri sekitar abad 11, seusia dengan Empu Kuturan yang mendirikan pelinggih di lingkungan Pura Besakih. Tempat tersebut telah dipilih oleh Pendeta Danghyang Nirarta untuk mencapai moksa yaitu menyatu dengan Sang Hyang Pencipta Alam Semesta. Di lingkungan Pura tersebut telah tumbuh semak-semak yang dijaga oleh kera-kera jinak dan dilindungi oleh masyarakat di sekitarnya.
Lokasi Uluwatu terletak pada daerah perbukitan batu-batu karang di sebelah selatan pulau Bali. Uluwatu termasuk wilayah desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Daerah tersebut jika ditempuh dari Denpasar kurang lebih 30 km ke arah selatan lewat kawasan periwisata Kuta, Bandara Ngurah Rai Tuban dan desa Jimbaran. Tempat tersebut sangat baik jika dipakai untuk olahraga papan selancar. (nek wani)
Nusa Dua-Tanjung Benoa
Gambar ketlisut, Wisda (Wisata Sada) diantar oleh Pak Pit. Dengan kaki tertatih-tatih namun sampai tujuan jua. Kawasan wisata Nusa Dua terkenal akan BTDC (Bali Tourism Development Center) dan Tanjung Benoa terkenal sebagai pusat olahraga air di Bali. Di sana ada pulau penyu, taman laut. Aku dan Pak Hadi sempat naik perahu pisang tapi di darat. Klu di laut takut… foto ada di mading
Sumber: Mazda (Magazine of SMAsada)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sobat, TERIMA KASIH sudah memberikan Saran/Kritik/Komentar.
Jangan Lupa untuk Berkunjung Kembali.